RT/RW Belum Terima Insentif, Dewan Sebut Terkait Pilkada 2020

  • Whatsapp

POROSMAJU.ID, MAKASSAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menuding lambannya pemberian insentif terhadap RT/RW berkaitan dengan Pilkada 2020.

Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Kasrudi menyebut Insentif yang seharusnya diterima per tiga bulan harusnya sudah terbayarkan. Namun, kata dia, hingga saat ini masih banyak yang belum menerima insentif.

Read More

banner 300250

“Karena sudah harus dia terima sekarang. Insentif itu pertiga bulan. Harusnya bulan 9 itu dibayar. Tapi sampai bulan 10 saja banyak yang belum dapat. Sudah ada yang terima, ada juga yang belum. Karena terkait dengan Pilkada,” kata Kasrudi, Selasa, 13 Oktober 2020.

Oleh karena itu, Kasrudi meminta lurah dan camat memberikan insentif kepada RT/RW.
Kendati ada yang telah menerima, Kasrudi mengatakan insentif tersebut mengalami pemotongan yang cukup signifikan.

“Itu kan hak mereka. Hasil keringat, hasil kerja mereka harusnya diberikan secepatnya. Jadi saya meminta kepada camat dan lurah agar netral dalam hal pemberian insentif ini,” kata Anggota Komisi A DPRD Makassar Kasrudi, Selasa, 13 Oktober 2020.

Kasrudi mengingatkan hal tersebut agar tak menimbulkan riak terhadap masyakarat ihwal ketidaknetralan camat dan lurah.

Di sisi lain, Kasrudi mengakui bahwa ada indikator penilaian dari tiap RT/RW, seperti kebersihan, iuran PBB, hingga keamanan lingkungan.

Hal tersebut dinilai oleh lurah setempat kemudian diajukan ke Camat dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kota Makassar.

“Betul ada indikator yang dinilai, tetapi juga tidak mungkin melewati sampai 50 persen pemotongannya,” tutur legislator Gerindra itu.

Ia pun mengingatkan camat dan lurah yang diberikan kewenangan untuk mengukur indikator insentif RT/RW agar memberikan penilaian yang wajar.

“Tanpa ada unsur-unsur Pilkada di dalamnya,” tegasnya.

Insentif tersebut disalurkan per tri wulan. Namun, lanjut Kasrudi, hingga bulan Oktober ini masih banyak Ketua RT dan RW yang belum mendapatkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *